Welcome to my blog, enjoy reading.

Minggu, 14 Juni 2009

Talk Show "2012" (Mengungkap Fakta Ilmiah dibalik Isu Kiamat 2012)


Minggu 14 Juni 2009, Himpunan Mahasiswa Astronomi ITB (HIMASTRO) mengadakan talkshow astronomi bertemakan "Kiamat 2012". Event yang sayang apabila terlewatkan ini diadakan di Aula Timur Institut Teknologi Bandung. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan selesai pukul 13.00 WIB.
Adapun para pembicara yaitu : 1. Pak Widya Sawitar ( Planetarium, Jakarta )
2. Ibu Clara ( LAPAN, Bandung )
3. Pak Budi Dermawan
( Staf Astronomi dan Observatorium Bosscha-ITB )

Acara pertama yaitu pengenalan tentang Astrofillateli oleh Bapak Tata Sugiarta dari PT.POS Indonesia. Dilanjutkan Talkshow pertama mengenai Sejarah Budaya Bangsa Maya oleh Bapak Widya Sawitar. Lalu pembicara kedua mengenai Objek di Tepian Tata Surya oleh Bapak Budi Dermawan. Dan talkshow mengenai riwayat hidup matahari yang sangat berpengaruh dalam topik kali ini oleh Ibu Clara. Talkshow ini mendatangkan para pembicara dari sudut pandang yang berbeda. Memang untuk hal yang satu ini, banyak sekali persepsi masyarakat akan isu yang sedang gencar-gencarnya. Untuk itu, acara ini khusus untuk menguak fakta ilmiah dibalik isu kiamat 2012. Tanpa ada unsur mistic ataupun fisis. Sesi berikutnya yaitu tanya jawab bagi para peserta. Dan dilanjutkan break selama 5 menit. Lalu kembali pada sesi tanya jawab. Dan di puncak acara ada kuis pertanyaan mengenai talkshow tersebut. Lalu sesi terakhir pemberian Cindera Mata bagi para pembicara oleh ketua panitia, Kak Janet dari mahasiswa Astronomi ITB.

Terlihat antusias para peserta begitu juga dengan kami (Kastro SIRIUS) dalam memperhatikan para pembicara menyampaikian segala opini mereka dalam sudut pandang yang berbeda pula. Dan yang kami dapat dalam talkshow 4 jam ini adalah :
Masalah yang diangkat menjadi topik talkshow kali ini bukanlah merupakan hal yang harus kita bicarakan lebih dalam atau lebih dekat. Karena apa? "Seseorang tidak akan pernah tahu kapan kiamat itu akan datang dan apabila seseorang mempelajarinya, maka ia tidak akan lebih dekat atau lebih mengatahui hari dimana seluruh muka bumi hancur lebur tersebut. Karena yang Maha Mengetahui hanyalah Dia, Allah SWT sang Khalik di Jagat Raya ini". Dan mengenai isu 2012, jadilah kamu orang yang Bijak dalam menanggapi hal-hal seperti ini. Karena persepsi setiap orang tidaklah sama. Itulah kalimat singkat dari kesimpulan yang kami ambil dari Talkshow "2012" ini. Semoga setiap untaian kata yang kita ucap menjadi lebih bermakna dan membuat diri kita lebih arif serta dewasa seiring dengan dunia dan alam semesta yang terus menerus tiada terungkap.... Amiiiinnn....

_Salam SIRIUS____

Tidak ada komentar: