Welcome to my blog, enjoy reading.

Senin, 22 Juni 2009

Star Party 2 @Gunung Mas, Bogor

Star Party 2 with HAAJ tahun ini dilaksanakan pada tanggal 20-21 Juni. Berlokasi di Gunung Mas, Puncak - Bogor. Para peserta yang mengikuti star party kali ini terbatas. Sebelumnya, untuk dapat ikut event ini, para peserta wajib membuat workplan. Dan workplan yang sudah dikirim akan diseleksi terlebih dahulu.
Hmmm.... Kastro SIRIUS mendapat kesempatan ikut star party kali ini. Peserta dari kami berjumlah 5 orang. Sebelum berangkat, kami berkumpul di Planetarium. Pukul 10.30 para peserta dan rombongan HAAJ berangkat menuju Bogor pukul 11.45 dengan menggunakan kereta tujuan Jakarta-Pakuan,Bogor. Sesampainya di lokasi pkl. 15.10.
Star party di mulai pkl. 22.00. Agak diundur karena star party kali ini bersamaan dengan ultah seventeen-nya salah satu teman kami. Jadi, star party sekaligus syukuran. Sebelum acara di mulai, Kak Reyhan memberikan pengarahan agar kita dapat mengikuti acara demi acara dengan baik dan benar sesuai jadwal. Adapun jadwal star party 2 ini yaitu, Briefing, Pembagian kelompok, pengamatan malam, pengamatan pagi, istirahat, dan kembali ke Jakarta. Peneropongan pun dimulai seusai briefing. Langit di sana amat sangat terbuka, memberikan kesempatan kepada kami untuk menerawang bintang beserta benda langit lainnya dengan menggunakan teleskop, binokuler, peta bintang, maupun alat optik yang sejak lahir kita punya yaitu mata kita sendiri. Karena dengan mata telanjang pun kita bisa menikmati indahnya alam ciptaan-Nya. Memang lokasi kali ini, langitnya sangat cerah tanpa awan. Benda-benda langit yang kita lihat, kita tuangkan dalam bentuk tulisan ke sebuah Log Book yang wajib diisi setiap acara Star Party. Banyak sekali objek-objek langit yang terlihat. Seperti Bimasakti, Jupiter, Saturnus, Bintang Crux, Scorpio, Lupus, Sagittarius, Ophiucus, Lyra, Ursa Mayor, andromeda, Globular Cluster, Open Cluster dan banyak lagi yang lainnya. Kami pun serasa ikut tenggelam di antara bintang-bintang yang begitu banyaknya. Walaupun ngantuk dan udara yang dingin terkadang datang, tapi tetap antusias kami mengalahkan itu semua. Pengamatan malam usai hinggan terbit fajar. Pengamatan pagi kini. Objek di pagi hari yaitu Venus, merkurius, Mars dan Matahari tentunya. Setelah pengamatan pagi, kami pun diberi kesempatan untuk beristirahat karena semalaman meneropong. Berhubung lokasi berada di area wisata. Ada juga yang curi-curi kesempatan untuk berwisata mengitari area perkebunan teh ini. Acara star party pun selesai. Dan kami kembali ke Jakarta Minggu, pukul 14.00.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

kok pulangnya gak dijelasin sih??? kan itu yg paling cpek, jalan smpe kalo g slh 3km an lbh.
tp gpp, yg pntg udh djlsin mlemnya. iya bner bagus bgt langitnya. keren deh pokoknya. hehe..
jd pgn ksno lg..