Welcome to my blog, enjoy reading.

Rabu, 11 November 2009

CONFERENCE of the INDONESIA ASTRONOMY & ASTROPHYSICS ITB, BANDUNG, 29-31 OCTOBER 2009




Acara ini dilaksanakan oleh HAI (Himpunan Astronomi Indonesia). Dan kami dari Klub Astronomi SIRIUS 89 didampingi oleh Pembina Ibu Widyandari Eka ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Selain sebagai peserta konferensi, kami juga turut ikut serta pameran astronomi. Peserta dari Jakarta antara lain HAAJ (Himpunan astronomi amatir Jakarta), FOSCA (Forum KIR), Kastro SIRIUS 89 dan Kastro Polaris 38.
Acara berlangsung secara bertahap dari tanggal 29-31 Oktober 2009.
Kami sendiri datang dari Jakarta pada tanggal 28 Oktober, menginap di sebuah vila di Lembang.

Hari Pertama (29 Oktober 2009) :
Acara dilaksanakan di Campus Center ITB. Setibanya di sana kami langsung regristrasi dan mengikuti sesi demi sesi dengan baik. Dimulai pada pukul 08.30-16.30


Hari Kedua (30 Oktober) ;
Acara masih dilaksanakan di Campus Center, ITB. Namun materi yang disapaikan berbeda. Acara dimulai pukul 08.30-15.30. Pada malam harinya, kami melakukan peneropongan langit bersama.


Hari ketiga (30 oktober) ;
Hari terakhir dilaksanakan di Observatorium Bosscha, Lembang). Acara dimulai pukul 10.00-13.00. Di hari terakhir cenderung pada Peresmian Teleskop Matahari oleh Rektor ITB dan pengenalannya kepada para tamu termasuk kami. Selain itu, kami pun memanfaatkan momen ini untuk mengenal orang-orang penting dalam dunia astronomi di Indonesia. Seperti dosen ITB Astronomi, Komunitas-komunitas astronomi lainnya dan datangnya Prof. Dr. Robert Rutten dari salah satu universitas negeri Belanda. Sebelum kembali ke Jakarta, kami menyempatkan diri untuk berfoto bersama di depan Observatorium Bosscha.


Hal positif yang kami dapat dari acara ini yaitu, kami dapat mengenal komunitas astronomi lainnya di Indonesia dan bisa saling komunikasi antarsesama. Selain itu dapat dijadikan contoh untuk mengadakan suatu event astronomi lainnya. Semoga nama SIRIUS akan tetap bersinar sebagaimana sinarnya yang paling terang di langit malam. Dan akan tetap bermakna sebagaimana makna secercak cahayanya di lautan malam. Amin.

Thanks to :
Pak Widya Sawitar, Bu Eka, Sherly, Gwyn, Adly, Dessy, Lita, Puput, Sejejer nama di HAAJ, kastro Sirius dan Polaris yang telah mempengaruhi keputusanku untuk melanjutkan tekad bulat SIRIUS.

_Salam SIRIUS___I I I 5 4

Tidak ada komentar: